Jumat, 18 Mei 2012

PERBEDAAN ANTARA POP3 & SMTP

SMTP adalah protokol (mekanisme) yang digunakan untuk mendapatkan email dari komputer pengirim sampai ke server email penerima. Ini bisa jadi di sebuah perusahaan, ISP, atau web mail layanan hosting (seperti Hotmail).
POP3 adalah protokol yang digunakan untuk men-download pesan email dari server mail ke komputer menggunakan program email client (seperti Outlook). Ketika Anda memeriksa email Anda, pesan akan dipindahkan ke komputer Anda dan dihapus dari server. Web mail tidak menggunakan POP3, karena pesan tetap di server. Anda sedang melihat mereka dari jarak jauh.

Pengertian Tergaptek dari Pop3 dan Smtp
Istilah POP3 dan SMTP bagi para pengguna email mungkin sudah tidak asing lagi karena iniberhubungan erat dengan jalur lalulintas email yang dikirim maupun yang diterima. Tapi jarang dari kita yang tau apa  sebenarnya arti dari istilah POP3 dan SMTP tersebut.
POP3
POP3 adalah kepanjangan dari Post Office Protocol version 3, yakni protokol yang digunakan untuk mengambil email dari email server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerima yang berhak.
Kehadiran email server ini disebabkan kenyataan hanya sebagian kecil dari komputer penerima email yang terus-menerus melakukan koneksi ke jaringan internet.
SMTP
SMTP adalah kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol yang merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman email.
Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim email ke server email penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak. 
Pengertian daei POP3 dan SMTP dirangkum dari masrust.web.id
Pengertian Tergapteknya dari POP3 dan SMTP
Jadi secara gapteknya POP3 dan SMTP bisa diartikan sebagai berikut :
Pop 3 itu setting yang  digunakan untuk menerima email dari pihak ketiga misal aplikasi microsoft outlok, push Blackberry, Seven. Dengan settingan POP3 INI KITA DAPAT MEMBUKA EMAIL KITA melalui aplikasi pihak ketiga TANPA HARUS MEMBUKA AKUN KITA DI PENYEDIA LAYANAN EMAIL (eg. Ymail,gmail,hotmail)
Sedangkan SMTP ialah settingan agar aplikasi pihak ketiga dapat mengirim email melalui akun kita tanpa kita membuka akun di email kita secara langsung, 
Misalnya: saat kita setting Smtp di REFOG (Cara Setting Refog Keylogger),
Aplikasi REFOG ini akan Mengirimkan Email dengan alamat email yg kita masukan di aplikasi ini.
POP3 = In
SMTO - Out

Tidak ada komentar:

Posting Komentar